Sarasehan Online "Stok Dan Administrasi Toko"



STOK DAN ADMINISTRASI TOKO

Tanya Jawab :
SESI 1
      1.            Nama : Ardian
Pertanyaan : Pada saat pandemi covid-19 seperti ini hampir tidak ada aktivitas di kampus, apakah untuk toko masih buka?. Berhubung di toko kita menyediakan makanan yang expirednya akan habis  misalnya es krim dan lain-lain, lalu bagaimana cara pengurus dalam menyelesaikan hal tersebut ?
Jawaban :
Memang dengan adanya pandemi ini mengakibatkan tidak adanya aktivitas perkuliahan maupun dikampus dan aktivitas lainnya, demi keamanan dan efisiensi  terpaksa toko kami tutup. Untuk mengantisipasi barang expired kami selaku pengurus bidang Usaha kemarin pada awal bulan april memilah dan memilih barang yang mendekati expired , barang tersebuat kita jual secara online dan dipaketkan ke teman teman seperti pengurus dan alumni. Dan ada sedikit barang yg lainnya untuk dibagikan dalam proker bakti sosial dibulan puasa.
Untuk barang yang seperti es krim, kemarin kita bulan lalu menghubungi pihak sales dan meminta untuk menarik es krim (diganti dengan uang) dan lemari pendinginya guna mengurangi beban biaya listrik dan mencegah kerusakan eskrim.
      2.            Nama : Nala
Pertanyaan : Dalam power point terdapat hal yang harus diperhatikan dalam mengelola STOK barang. Dan jika promosi barang-barang yang kurang laku dan mendekati 1 bulan expired dan  tidak terjual semua, lalu bagaimana solusinya supaya barang-barang tersebut bisa laku terjual? Apakah barang-barang tersebut akan di tukar dengan barang yang baru jika barang-barang mendekati 1 bulan tidak terjual semua?
Jawaban :
Setiap kita selesai SO ( Stok opname) yaitu pengecekan barang – barang setiap bulannya agar tahu stok barang yang tersedia dan tahu barang – barang yang akan expired , apabila ada barang yang mendekati expired maka akan dipromosikan , apabila dalam 2 minggu masih lumayan banyak maka terpaksa promonya kami akan turunkan harganya agar barang – barang tersebut cepat terjual. Dengan menggunakan strategi tersebut untuk penjualannya sudah efektif, dan apabila sampai batas expired terlewat maka dengan terpaksa barang tersebut akan dibakar atau dibuang.
      3.            Nama : Tsaniya
Pertanyaan :  Bagaimana tugas dari bidang usaha dan administrasi keuangan toko Kopma dalam menyikapinya agar masih produktif dalam situasi yang seperti ini?, dan bagaimana langkah yang akan  dilakukan untuk masa – masa “new normal” seperti ini agar usaha KOPMA kita bisa ada pemasukan lagi ?
Jawaban :
Pada saat pandemi covid 19 seperti ini, tugas dari bidang usaha dan administrasi keuangan toko sudah berjalan dengan baik meskipun melalui Via WhatssApp. Dalam administrasi keuangan toko juga sudah merekap pendapatan di masa pandemi covid 19. Langkah - langkah yang dilakukan untuk masa - masa “new normal” ini dari bidang usaha membuat paid promote agar mendapat pemasukan.
SESI 2
1.      Nama : Haris
Pertanyaan : Koperasi pasti memiliki sebuah usaha, namanya usaha pasti ada untung ruginya jika untung, keuntungan dibuat apa saja dan jika rugi tanggung jawab siapa?
Jawaban :
koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum dengan menjalankan kegiatanya dengan asas kekeluargaan dan gotong  royong. Seperti pernyaataan tersebut koperasi dijalankan dengan gotong royong dimana mulai dari modal itu ditanggung bersama dalam bemtuk SP dan SW ( Simpanan pokok dan wajib) . Setelah terkumpulnya modal tersebut maka akan dibentuklah Suatu unit usaha apabila dalam usaha tersebut memiliki keuntungan (keuntungan bersih)  maka akan dibagi kepada anggota sesuai jasa usaha dan jasa modal . Jasa usaha itu berapa sering anggota beli (kalau usahanya toko) kalau usaha nya ksp simpan pinjam maka jasa usahanya seberapa serin anggota pinjam.
2.      Nama : Aisyah
Pertanyaan :
1.       jika ingin belanja, terdapat jadwal tersendiri atau menunggu stok abis atau bagaimana ?
2.       Untuk pengecekan barang yang sudah habis dilakukan oleh karyawan saja apa pengurus ikut juga?
3.      Dalam rekapan toko dapat mengetahui pendapatan dan pengeluaran toko, dilihat dari komputer sama catatan dari karyawan apa salah satu nya ? Untuk komputer dan catatan itu sama apa tidak untuk perharinya?
4.      Untuk label harga pada barang, penanggungjawab siapa apa ada tim khusus?
Jawaban :
1.      Untuk jadwal belanja sudah ada yaitu 2 minggu sekali. Misalkan dalam waktu kurang dari 2 minggu tapi barang sudah memipis kita pasti agendakan jadwal belanja
2.      Untuk pengecekan barang sudah habis biasanya karyawan dan dampingi oleh pengurus
3.      Untuk rekapan toko kita bisa melihat pengeluaran  di buku batik warna ungu yang ada di meja karyawan , disitu sudah ada pengeluaran yang tertulis setiap tanggal dan perhari.untuk melihat pendapatan kita melihat di buku presensi karyawaan. Kalau di komputer sama dengan di buku ( pendapatan )
4.      Untuk label harga kita dari bidang usaha dengan bidang litbang bekerjasama
Tambahan 1 : Jika rekapan nya tidak sinkron bagaimana ? Lalu label harganya masih biasa apa ada tambahan lainnya
Jawaban : Di cari sampai singkron dicek satu persatu data keuangannya. Untuk label harga menyesuaikan data terupdate.




Comments