Kopma Dewantara mengadakan Diskusi Online dengan tema "Stakeholder Kopma" bersama
đź“ŚPemateri :
Kiky Aulia Rakhmawati (Ketua Umum Kopma Dewantara periode 2019-2020)
đź“ŚModerator :
Eko Vendy Nugroho (Kepala Bidang PSDA)
Yang telah dilaksanakan pada:
📆 :Rabu, 29 April 2020
đź•— : 20.00 WIB
đź“Ť : WAG (WhatsApp Group)
Berikut adalah hasil diskusinya
#Tanya Jawab
1.
Nama
: Tsaniya
Pertanyaan : Bagaimana maksud dari penerapan
kiat menjalin hubungan yang baik dg stakeholder koperasi mahasiswa???
Jawaban :
Maksud dari penerapan kiat menjalin
hubungan yang baik dengan stakeholder kopma. Jadi, tadi kan sudah dijelaskan
beberapa stakeholder kopma, nah mereka otomatis mempunyai hubungan dengan kopma
yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja atau eksistensi kopma itu
sendiri. Jadi bagaimanapun caranya kita harus bisa menjaga hubungan yang baik
dengan stakeholder2 tersebut, agar nantinya hubungan antara kopma dan
stakeholdernya terbangun dengan baik. Nah kiat-kiat itu merupakan beberapa cara
agar hubungan baik dengan stakeholder itu sendiri dapat tercapai.
2.
Nama
: Alfi Afriana Akhyani
Prodi : Manajemen
Pertanyaan :Bagaimana konflik kepentingan di
antara para pemangku kepentingan dapat diselesaikan oleh manajemen suatu
perusahaan?
Jawaban :
Dalam beberapa kasus kadang terjadi
sebuah konflik. Hal yang pertama dilakukan oleh perusahaan adalah menganalisis
bagaimana konflik antara pemangku kepentingan tersebut bisa terjadi, lalu
perusahaan dapat menunjuk seseorang yang dapat dijadikan sebagai mediasi dalam
menyelesaikan konflik tesebut. Mediator itu biasanya dijalankan oleh seorang
manajer perusahaan dimana manajer
perusahaan yang paling mengerti dan memahami apa yang dikerjakan dan apa yang
diperlukan oleh para pemangku kepentingan tesebut. Memang setiap perusahaan pasti
memiliki permasalahannya masing-masing, termasuk didalamnya adalah konflik
kepentingan, nah konflik kepentingan itu sendiri adalah sebuah konflik yang
tentunya sulit untuk diselesaikan, terlebih lagi apabila itu terjadi dalam
lingkup perusahaan, situasi seperti ini terjadi dalam suatu perusahaan, maka cara
penyelesaian akan lebih ditujukkan ke pihak ketiga sebagai penengah yaitu
manajer perusahaan, karena seorang manajer dianggap paling mengerti dan
memahami apa yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan tersebut. Jadi, begitupun jika konflik itu
terjadi di kopma khususnya, kita harus punya analisis dan menunjuk mediator
sebagai proses mediasi antara pemilik konflik tersebut.
3.
Nama
: Nalaningrum Damayanti
Prodi : PPKn
Pertanyaan : Di dalam Klasifikasi Stakeholder itu
kan ada 3 yaitu 1. Stakeholder Utama (Primer) 2. Stakeholder Pendukung
(Sekunder) 3. Stakeholder Kunci. Nah yang saya tanyakan apa sih yang membedakan
dari ke 3 Klasifikasi Stakelholder tersebut?
Jawaban : Untuk yang membedakan antara
stakeholder utama, sekunder, dan kunci adalah terletak berdasarkan kekuatan,
posisi penting atau pengaruh stakeholder terhadap suatu peraturan, program,
atau proyek dari perusahaan atau organisasi terkait itu sendiri. Faktor perbedaan yang pertama yaitu
kekuatan. Tentu masing-masing stakeholder punya kekuatannya masing-masing
seperti contoh di stakeholder kopma yang utama disana ada anggota. Nah anggota
ini memiliki kekuasaan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi berbeda
dengan lembaga kepemudaan diluar kampus yang dimana mereka bukan anggota kopma
kita tentunya mereka tidak mempunyai kekuasaan yang sama dengan anggota kopma
sendiri. Lalu faktor yang kedua posisi penting antara stakeholder kunci kita
ambil contoh Kemenkop UKM RI mereka mempunyai fungsi sebagai pelaksanaan
kebijakan dan program perkoperasian negara sehingga memiliki alur struktural
dengan kopma yang menjalankan kegiatan perkoperasian.
4.
Nama
: Della Nirwana A.
Prodi : PGSD
Pertanyaan : Seperti apa evaluasi reguler yang
dapat dilakukan guna menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder kopma?
Jawaban : Evaluasi reguler yang dapat dilakukan
guna menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder kopma ada beberapa cara
yaitu seperti kita tentukan dulu apa tujuan kita mengadakan evaluasi tersebut,
lalu kita menentukan teknik yang akan kita gunakan untuk evaluasi, lalu kita
merumuskan apa saja yang kita butuhkan untuk evaluasi itu sendiri atau
mengumpulkan data-data yang akan kita evaluasi, selanjutnya mengolah data serta
analisis data tersebut, dan yang terakhir kita melaporkan hasil evaluasinya.
5.
Nama
: Nabila
Prodi : PBI
Pertanyaan : Peran dan fungsi skateholder salah
satunya yaitu melaksanakan kegiatan jurnalistik, bisa dijelaskan kegiatan ini
seperti apa? Dan di Kopma Dewantara adakah kegiatan seperti ini?Jawaban : Itu merupakan peran dan fungsi dari
lembaga pers masyarakat yang termasuk kedalam klasifikasi stakeholder sekunder. Kegiatan stakeholder yang disini
adalah mereka sebagai wahana komunikasi massa artinya kopma mempunyai hubungan
sekunder dengan stakeholder ini sebagai perantara antara kopma dengan
masyarakat dalam kegiatan jurnalistik. Seperti contoh ketika kopma dewantara
memberikan promo pembelian di usaha
kopma nah stakeholder ini akan meresponnya dari kegiatan jurnalistik media
massa yang didapat. Atau dengan kata lain masyarakat dapat mengakses
kepentingan di kopma itu sendiri. Mengakses kepentingan seperti apa?
Kepentingan masyarakat mendapatkan pelayanan dari kopma, seperti kegiatan
konsumsi dari toko kita, lalu memanfaatkan jasa foto wisuda dikopma kita dan
kegiatan-kegiatan lain yang masyarakat bisa dapatkan dari kopma kita.
6.
Nama
: Meta ika andrayani
Prodi : Manajemen
Pertanyaan : Dalam stakeholder primer disebutkan
salah satunya ialah anggota kopma. Mengapa pengurus kopma tidak dicantumkan?
Ataukah pengurus kopma sudah merupakan bagian dari anggota kopma?
Jawaban : Mengapa pengurus kopma tidak
dicantumkan? Pengurus merupakan orang yang dipilih
oleh anggota dalam RA (Rapat Anggota) yang berfungsi menjalankan kegiatan
pengelolaan koperasi itu sendiri dalam artian pengurus sudah termasuk bagian
dari kopma sehingga pengurus yang nantinya akan menajalankan hubungan dengan
stakeholder tersebut. Menambahi untuk dikopma kita kopma dewantara, pengurus
juga merupakan anggota kopma karena anggota kopma kita adalah semua mahasiswa
s1 reguler di upgris, dan pengurus kitapun semuanya masih tercatat sebagai
mahasiswa s1 regulaer di upgris. Kalau seperti sales (pocari sweet)
dan sebagainya. Itu masuknya stakeholder apa? Nah, untuk salles atau distributor
mereka bisa masuk kedalam klasifikasi stakeholder utama tapi mereka berasal
dari stakehokder eksternal artinya bukan didalam lingkup kopma itu sendiri.
7.
Nama
: Haris
Prodi : Teknik Mesin
Pertanyaan : Seberapa pentingkah stakeholder untuk
kopma? Dan apa akibat jika tidak ada stakeholder
untuk kopma?
Jawaban : Keberadaan stakeholder tentunya
sangat penting bagi kopma, kita lihat saja pengertian stakeholder itu sendiri.
Stakeholder adalah pemangku kepentingan yang berpengaruh terhadap eksistensi
kopma itu sendiri. Akibat jika tidak ada stakeholder bagi kopma tentunya dalam
eksistensi kinerjanya kopma tidak akan berjalan dengan semestinya.
8.
Nama:
Laili Rasikhatun N. A
Prodi: PBI
Pertanyaan: Bagaimana cara lembaga kemahasiswaan itu sendiri dalam menjalankan perannya seperti yang telah disebutkan "menyalurkan aspirasi yang bertanggungjawab dikalangan mahasiswa untuk mewujudkan tujuan organisasi" dan saat ini apakah sudah terealisasi dengan baik?
Prodi: PBI
Pertanyaan: Bagaimana cara lembaga kemahasiswaan itu sendiri dalam menjalankan perannya seperti yang telah disebutkan "menyalurkan aspirasi yang bertanggungjawab dikalangan mahasiswa untuk mewujudkan tujuan organisasi" dan saat ini apakah sudah terealisasi dengan baik?
Jawaban : Cara lembaga menjalankan perannya
yaitu mereka dapat dijadikan partner kita dalam merumuskan setiap kegiatan atau
tujuan, mereka juga dapat menjadi perantara kita untuk menjangkau lebih luas
lagi sasaran atau tujuan kita. Seperti contoh lembaga kemahasiswaan di upgris
yang menjadi stakehokder kopma yaitu Bem Univ, LKM dan DPM. Mereka dapat
menjadi wahana untuk membina persekutuan dan persaudaraan untuk kesejahteraan
mahasiswa, mereka juga dapat menyalurkan aspirasi konstruktif dan
bertanggungjawab di kalangan mahasiswa tentunya untuk tujuan lebih baik lagi.
KESIMPULAN
Stakeholder
sendiri adalah suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia
yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap suatu organisasi atau
perusahaan. Keberadaan stakeholder tentunya sangat penting bagi kopma, kita
lihat saja pengertian stakeholder itu sendiri. Stakeholder adalah pemangku
kepentingan yg berpengaruh thdp eksistensi kopma itu sendiri. Akibat jika tidak
ada stakeholder bagi kopma tentunya dalam eksistensi kinerjanya kopma tidak
akan berjalan semestinya
Comments
Post a Comment