Diskusi Online "Stakeholder Kopma"



Kopma Dewantara mengadakan Diskusi Online dengan tema "Stakeholder Kopma" bersama

đź“ŚPemateri :
Kiky Aulia Rakhmawati (Ketua Umum Kopma Dewantara periode 2019-2020)
đź“ŚModerator :
Eko Vendy Nugroho (Kepala Bidang PSDA)

Yang telah dilaksanakan pada:
 đź“† :Rabu, 29 April 2020
 đź•— : 20.00 WIB
 đź“Ť : WAG (WhatsApp Group)

Berikut adalah hasil diskusinya


#Tanya Jawab

1.      Nama : Tsaniya
      Pertanyaan : Bagaimana maksud dari penerapan kiat menjalin hubungan yang baik dg stakeholder koperasi mahasiswa???
Jawaban :
Maksud dari penerapan kiat menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder kopma. Jadi, tadi kan sudah dijelaskan beberapa stakeholder kopma, nah mereka otomatis mempunyai hubungan dengan kopma yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja atau eksistensi kopma itu sendiri. Jadi bagaimanapun caranya kita harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan stakeholder2 tersebut, agar nantinya hubungan antara kopma dan stakeholdernya terbangun dengan baik. Nah kiat-kiat itu merupakan beberapa cara agar hubungan baik dengan stakeholder itu sendiri dapat tercapai.

2.      Nama : Alfi Afriana Akhyani
       Prodi : Manajemen
       Pertanyaan :Bagaimana konflik kepentingan di antara para pemangku kepentingan dapat diselesaikan oleh manajemen suatu perusahaan?
      Jawaban : 
      Dalam beberapa kasus kadang terjadi sebuah konflik. Hal yang pertama dilakukan oleh perusahaan adalah menganalisis bagaimana konflik antara pemangku kepentingan tersebut bisa terjadi, lalu perusahaan dapat menunjuk seseorang yang dapat dijadikan sebagai mediasi dalam menyelesaikan konflik tesebut. Mediator itu biasanya dijalankan oleh seorang manajer perusahaan  dimana manajer perusahaan yang paling mengerti dan memahami apa yang dikerjakan dan apa yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan tesebut. Memang setiap perusahaan pasti memiliki permasalahannya masing-masing, termasuk didalamnya adalah konflik kepentingan, nah konflik kepentingan itu sendiri adalah sebuah konflik yang tentunya sulit untuk diselesaikan, terlebih lagi apabila itu terjadi dalam lingkup perusahaan, situasi seperti ini terjadi dalam suatu perusahaan, maka cara penyelesaian akan lebih ditujukkan ke pihak ketiga sebagai penengah yaitu manajer perusahaan, karena seorang manajer dianggap paling mengerti dan memahami apa yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan tersebut. Jadi, begitupun jika konflik itu terjadi di kopma khususnya, kita harus punya analisis dan menunjuk mediator sebagai proses mediasi antara pemilik konflik tersebut.

3.      Nama : Nalaningrum Damayanti
      Prodi : PPKn
      Pertanyaan : Di dalam Klasifikasi Stakeholder itu kan ada 3 yaitu 1. Stakeholder Utama (Primer) 2. Stakeholder Pendukung (Sekunder) 3. Stakeholder Kunci. Nah yang saya tanyakan apa sih yang membedakan dari ke 3 Klasifikasi Stakelholder tersebut?
      Jawaban : Untuk yang membedakan antara stakeholder utama, sekunder, dan kunci adalah terletak berdasarkan kekuatan, posisi penting atau pengaruh stakeholder terhadap suatu peraturan, program, atau proyek dari perusahaan atau organisasi terkait itu sendiri. Faktor perbedaan yang pertama yaitu kekuatan. Tentu masing-masing stakeholder punya kekuatannya masing-masing seperti contoh di stakeholder kopma yang utama disana ada anggota. Nah anggota ini memiliki kekuasaan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi berbeda dengan lembaga kepemudaan diluar kampus yang dimana mereka bukan anggota kopma kita tentunya mereka tidak mempunyai kekuasaan yang sama dengan anggota kopma sendiri. Lalu faktor yang kedua posisi penting antara stakeholder kunci kita ambil contoh Kemenkop UKM RI mereka mempunyai fungsi sebagai pelaksanaan kebijakan dan program perkoperasian negara sehingga memiliki alur struktural dengan kopma yang menjalankan kegiatan perkoperasian.

4.      Nama : Della Nirwana A.
      Prodi : PGSD
      Pertanyaan : Seperti apa evaluasi reguler yang dapat dilakukan guna menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder kopma?
      Jawaban : Evaluasi reguler yang dapat dilakukan guna menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder kopma ada beberapa cara yaitu seperti kita tentukan dulu apa tujuan kita mengadakan evaluasi tersebut, lalu kita menentukan teknik yang akan kita gunakan untuk evaluasi, lalu kita merumuskan apa saja yang kita butuhkan untuk evaluasi itu sendiri atau mengumpulkan data-data yang akan kita evaluasi, selanjutnya mengolah data serta analisis data tersebut, dan yang terakhir kita melaporkan hasil evaluasinya.

5.      Nama : Nabila
       Prodi : PBI
       Pertanyaan : Peran dan fungsi skateholder salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan jurnalistik, bisa dijelaskan kegiatan ini seperti apa? Dan di Kopma Dewantara adakah kegiatan seperti ini?Jawaban : Itu merupakan peran dan fungsi dari lembaga pers masyarakat yang termasuk kedalam klasifikasi stakeholder  sekunder. Kegiatan stakeholder yang disini adalah mereka sebagai wahana komunikasi massa artinya kopma mempunyai hubungan sekunder dengan stakeholder ini sebagai perantara antara kopma dengan masyarakat dalam kegiatan jurnalistik. Seperti contoh ketika kopma dewantara memberikan promo pembelian di  usaha kopma nah stakeholder ini akan meresponnya dari kegiatan jurnalistik media massa yang didapat. Atau dengan kata lain masyarakat dapat mengakses kepentingan di kopma itu sendiri. Mengakses kepentingan seperti apa? Kepentingan masyarakat mendapatkan pelayanan dari kopma, seperti kegiatan konsumsi dari toko kita, lalu memanfaatkan jasa foto wisuda dikopma kita dan kegiatan-kegiatan lain yang masyarakat bisa dapatkan dari kopma kita.

6.      Nama : Meta ika andrayani
      Prodi : Manajemen
      Pertanyaan : Dalam stakeholder primer disebutkan salah satunya ialah anggota kopma. Mengapa pengurus kopma tidak dicantumkan? Ataukah pengurus kopma sudah merupakan bagian dari anggota kopma?
      Jawaban : Mengapa pengurus kopma tidak dicantumkan? Pengurus merupakan orang yang dipilih oleh anggota dalam RA (Rapat Anggota) yang berfungsi menjalankan kegiatan pengelolaan koperasi itu sendiri dalam artian pengurus sudah termasuk bagian dari kopma sehingga pengurus yang nantinya akan menajalankan hubungan dengan stakeholder tersebut. Menambahi untuk dikopma kita kopma dewantara, pengurus juga merupakan anggota kopma karena anggota kopma kita adalah semua mahasiswa s1 reguler di upgris, dan pengurus kitapun semuanya masih tercatat sebagai mahasiswa s1 regulaer di upgris. Kalau seperti sales (pocari sweet) dan sebagainya. Itu masuknya stakeholder apa? Nah, untuk salles atau distributor mereka bisa masuk kedalam klasifikasi stakeholder utama tapi mereka berasal dari stakehokder eksternal artinya bukan didalam lingkup kopma itu sendiri.

7.      Nama : Haris
       Prodi : Teknik Mesin
       Pertanyaan : Seberapa pentingkah stakeholder untuk kopma?  Dan apa akibat jika tidak ada stakeholder untuk kopma?
      Jawaban : Keberadaan stakeholder tentunya sangat penting bagi kopma, kita lihat saja pengertian stakeholder itu sendiri. Stakeholder adalah pemangku kepentingan yang berpengaruh terhadap eksistensi kopma itu sendiri. Akibat jika tidak ada stakeholder bagi kopma tentunya dalam eksistensi kinerjanya kopma tidak akan berjalan dengan semestinya.

8.      Nama: Laili Rasikhatun N. A 
      Prodi: PBI
      Pertanyaan: Bagaimana cara lembaga kemahasiswaan itu sendiri dalam menjalankan perannya seperti yang telah disebutkan "menyalurkan aspirasi yang bertanggungjawab dikalangan mahasiswa untuk mewujudkan tujuan organisasi" dan saat ini apakah sudah terealisasi dengan baik?
      Jawaban : Cara lembaga menjalankan perannya yaitu mereka dapat dijadikan partner kita dalam merumuskan setiap kegiatan atau tujuan, mereka juga dapat menjadi perantara kita untuk menjangkau lebih luas lagi sasaran atau tujuan kita. Seperti contoh lembaga kemahasiswaan di upgris yang menjadi stakehokder kopma yaitu Bem Univ, LKM dan DPM. Mereka dapat menjadi wahana untuk membina persekutuan dan persaudaraan untuk kesejahteraan mahasiswa, mereka juga dapat menyalurkan aspirasi konstruktif dan bertanggungjawab di kalangan mahasiswa tentunya untuk tujuan lebih baik lagi.

KESIMPULAN
 Stakeholder sendiri adalah suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Keberadaan stakeholder tentunya sangat penting bagi kopma, kita lihat saja pengertian stakeholder itu sendiri. Stakeholder adalah pemangku kepentingan yg berpengaruh thdp eksistensi kopma itu sendiri. Akibat jika tidak ada stakeholder bagi kopma tentunya dalam eksistensi kinerjanya kopma tidak akan berjalan semestinya

Comments